Minggu, 13 April 2014

SENYAWA TERBARU YANG BERGUNA BAGI KEHIDUPAN MANUSIA


Ada beberapa senyawa terbaru yang telah ditemukan dan sangat berguna bagi kehidupan manusia khususnya dalam bidang kesehatan, diantaranya adalah senyawa penghancur virus HIV dan  senyawa untuk mengobati kecanduan merokok dan alkohol. Untuk lebih jelasnya dapat dibaca pada artikel dibawah ini.

   

1.  Penemuan senyawa baru penghancur virus HIV


Kalau mendengar kata-kata HIV atau AIDS, pastinya orang akan bergidik. Virus yang terkenal mematikan ini telah lama menjadi momok bagi dunia kesehatan. Bahkan dari dulu para ahli sudah bekerja keras mencari Antivirusnya untuk membunuh atau memerangi HIV ini. Dan baru sekarang telah ditemukan secara tidak sengaja senyawa yang bisa menghancurkan virus mematikan ini.

Seorang asisten profesor bernama Zhilei Chen dari Universitas AM Texas, Amerika Serikat,
 yang berkolaborasi dengan Scripps Research Institute, secara tidak sengaja menemukan senyawa yang mampu menghancurkan virus Human immunodeficiency virus (HIV). Virus yang menyebabkan penyakit AIDS itu akan mengalami kehancuran material genetiknya ketika diberikan senyawa yang bernama Pd 404.182.

Seperti penemuan besar lainnya, senyawa Pd 404.182 itu ditemukan secara tidak sengaja oleh Zhilei Chen, asisten profesor dari Universitas AM Texas, Amerika Serikat. Semula para peneliti mengembangkan senyawa Pd 404.182/ untuk melawan virus hepatitis C. Namun ketika Chen mencoba untuk membunuh HIV, ternyata hasilnya lebih efektif.

Senyawa itu menghancurkan material genetik virus HIV dengan merusak RNA-nya, sehingga sulit berkembangbiak dan akhirnya tidak dapat menginfeksi manusia. Meski demikian, senyawa anti-virus HIV ini masih terus dikembangkan untuk diproduksi secara massal, agar lebih aman dan tidak membahayakan ketika digunakan pada manusia.
Karena menyerang bagian dalam kapsul virus, bukan membrannya, Chen juga yakin senyawa ini aman dipakai manusia.

Dengan penemuan ini, Chen yakin bahwa senyawa tersebut bisa dikembangkan untuk upaya preventif, misalnya dalam bentuk gel vagina yang berguna mencegah infeksi HIV lewat hubungan seksual. Chen membuktikan bahwa ketika kontak dengan cairan vagina, senyawa ini akan tetap efektif.


Karena pada proses pengembangan obat baru, tidak otomatis senyawa yang secara in vitro atau dalam tahapan laboratorium berkhasiat, bisa langsung diproduksi untuk diberikan kepada manusia. Setidaknya, terdapat tiga tahap yang harus dilalui sebelum senyawa (obat) tersebut digunakan masyarakat luas, yaitu 3 hingga 4 tahun harus diujicobakan pada hewan.


Kemudian pada 4 tahun hingga 5 tahun harus dicobakan pada relawan manusia, lalu 2 tahun hingga 3 tahun untuk registrasi, sebelum akhirnya diproduksi dalam jumlah banyak. Kini jerih payah Zhilei Chen dan tim peneliti dari Texas University itu mendapatkan penghargaan dan perhatian besar dari seluruh dunia. Karena menghilangkan kekhawatiran orang, dengan HIV seolah tidak memiliki harapan hidup. Bukan tidak mungkin, dalam waktu dekat, penderita HIV atau AIDS dapat sembuh dan sehat seperti sediakala.

   

2. Penemuan Dua Senyawa Baru untuk Mengobati Kecanduan Rokok dan Alkohol

 

Ada dua senyawa baru yang mungkin efektif dalam mengobati ketergantungan alkohol dan nikotin pada saat yang bersamaan, senyawa tersebut ditemukan oleh para peneliti di Klinik Ernest Gallo dan Pusat Penelitian di Universitas California, San Francisco, serta Pfizer Inc.


Dalam sebuah makalah yang diterbitkan dalam Neuropsychopharmacology, para peneliti menunjukkan bahwa konsumsi alkohol pada tikus secara signifikan diturunkan oleh dua senyawa yang ditargetkan ke reseptor asetilkolin neuronal nicotinic (nAChR) subtipe {alpha}3{beta}4*.

nAChRs merupakan protein yang ditemukan di dalam otak dan sistem saraf pusat lebih luas yang memediasi efek zat-zat seperti nikotin. Baru-baru ini studi genetika manusia telah menunjukkan bahwa pengkodean gen subtipe {alpha}{3}beta4* sangat signifikan bagi kerentanan terhadap ketergantungan alkohol dan nikotin.


Pekerjaan telah dilakukan dalam kolaborasi dengan para ilmuwan yang dipimpin oleh rekan-penulis senior, Hans Rollema, PhD, dalam Neuroscience Research Unit di Pfizer Inc


Salah satu senyawa baru, CP-601932, telah dinyatakan aman pada manusia dalam sebuah studi klinis. Senyawa lainnya adalah PF-4575180. Keduanya dikembangkan oleh Pfizer.


“Kecanduan alkohol dan nikotin seringkali diperlakukan sebagai gangguan yang terpisah,” kata Bartlett, “terlepas dari kenyataan bahwa 60 hingga 80 persen peminum berat juga menghisap tembakau. Sangat sedikit strategi yang efektif untuk mengobati gangguan ini secara terpisah, apalagi secara bersamaan. Data kami menunjukkan bahwa dengan menargetkan subtipe nAChR tertentu, dimungkinkan bisa mengobati ketergantungan alkohol dan nikotin dengan satu obat.”

 Selagi senyawa memiliki dampak yang signifikan terhadap konsumsi alkohol pada tikus, asupan sukrosa tidak memiliki efek.” Hal ini menunjukkan bahwa tidak seperti obat lainnya yang sudah disetujui untuk penyalahgunaan alkohol, senyawa ini tidak mengganggu sistem pengimbalan alamiah otak dengan cara yang lebih luas,” kata Bartlett.


Rekan penulis dari penelitian ini adalah Pia Steensland dari Institutet Karolinska, Swedia; Jeffrey A. Simms dan Joan Holgate dari Gallo Center, serta Yotam W. Coe, Raymond S. Hurst, Christopher L. Shaffer dan John Lowe dari Pfizer.


Penelitian ini didukung pendanaan dari National Institute of Health, Departemen Pertahanan AS, Negara Bagian California, Yayasan BLANCEFLOR Boncompagni-Ludovisi, Bildt née, Yayasan Swedia-Amerika, dan Insamlingsstiftelsen Hjärnfonden/Yayasan Otak Swedia.


UCSF – afiliasi Klinik Ernest Gallo dan Research Center merupakan salah satu pusat terkemuka di dunia akademis untuk studi dasar biologis gangguan penggunaan substansi dan alkohol. Gallo Center menemukan molekul target potensial untuk pengembangan obat terapeutik yang diperpanjang melalui studi proof-of-concept klinis dan praklinis.




SUMBER:

http://www.faktailmiah.com/2010/11/04/penemuan-dua-senyawa-baru-untuk-mengobati-kecanduan-rokok-dan-alkohol.html

http://sains.kompas.com/read/2011/11/25/18334510/Senyawa.Pembunuh.Virus.HIV.Ditemukan

http://kackuc.blogspot.com/2012/03/ditemukan-senyawa-penghancur-virus-hiv.html

0 komentar:

Posting Komentar

 

DINKY'S BLOG Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang